Azzahra Sumbang Medali Emas Pertama untuk Sulteng di PON Aceh-Sumut 2024

Array
Komentar 0
WhatsApp Image 2024-09-16 at 09.32.46

PALU, Satunurani.com – Senin, (16/09/2024). Medali emas pertama kontingen Sulteng di PON Aceh-Sumut 2024 berhasil diraih perenang Azzahra Permatahani. Azzahra tampil gemilang pada final nomor 400 meter gaya ganti putri di kolam renang Selayang, Medan, Minggu (15/09/2024).

Info kemenangan Azzahra didapat dari Ketua Kontingen Sulteng Brigjen TNI Dody Triwinarto. Kabar itu membuat Gubernur Rusdy Mastura tersenyum puas, meskipun tidak sempat menyaksikan penampilan impresif Azzahra.

“Alhamdulillah, ini emas pertama Sulawesi Tengah dan saya titipkan salam hormat dan selamat untuk Azzahrah Permatahani,” ucap Gubernur kepada Ketua kontingen melalui panggilan video WhatsApp.

Turut mendampingi, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah, Vera Rompas Mastura.

Dampak kemenangan ini sambungnya, akan sangat krusial dengan terdongkraknya posisi Sulteng pada klasemen PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Terima kasih atas perjuangannya yang sudah membuat kita bangga dan yakin Sulawesi Tengah dapat bersaing di tingkat Nasional, Pakaroso,” ujar Rusdy Mastura.

Lewat kemenangan ini, Ketua Kontingen Brigjen TNI Dody Triwinarto berharap menjadi keran pembuka aliran medali Sulteng dari sejumlah cabor yang masih dipertandingkan.

“Kita doakan pundi-pundi emas kita bertambah lagi berkat kemenangan Azzahra yang jadi pembukanya,” tuturnya.

Sebelumnya, sempat terjadi polemik mengenai daerah mana yang dibela Azzahra pada PON XXI Aceh-Sumut.

Dewan Hakim PON XXI Aceh-Sumut memutuskan Azzahra Permatahani adalah atlet renang putri dari Provinsi Riau lewat Reelas Petikan Putusan Dewan Hakim PON XXI Aceh-Sumut Nomor 02/DH/P/PONXXI/IX/2024.

Namun tak berselang lama, datang surat KONI pusat yang isinya menegaskan bahwa si perenang telah diakui secara sah berpindah dari KONI Riau ke KONI Sulteng lewat putusan Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI) Nomor 03.P.BAORI/VII/2024.

Surat balasan ini jadi ‘titik terang’ yang memastikan Azzahra Permatahani merupakan atlet renang Sulteng, sehingga medali emas yang diraihnya sah milik kontingen Sulteng, Negeri Seribu Megalit.

Adapun per Minggu 15 September 2024 Sulawesi Tengah sudah mengumpulkan 15 medali yang terdiri dari 1 emas, 3 perak, dan 11 perunggu. (BungPut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02