Kemenkumham Sulteng Tekankan Pancasila Jadi Kompas Menuju Indonesia Maju

Array
Komentar 0
WhatsApp Image 2024-10-01 at 10.25.23

PALU, Satunurani.com – Selasa, (01/10/2024). Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menggelar upacara bendera yang khidmat di halaman kantor, Selasa, (01/10/2024).

Dengan mengusung tema Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas, seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng berkomitmen untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tugas dan fungsinya.

Hermansyah Siregar, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng mengatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yang memiliki peran yang fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegera.

Pancasila juga ia yakini menjadi sebuah kompas untuk mewujudkan tujuan banga Indonesia, yakni Indonesia Emas, yang maju, adil dan sejahtera.

“Pancasila bukan hanya sekedar ideologi negara, namun juga menjadi kompas bagi bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan bersama, yakni mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera,” terang Hermansyah Siregar.

Hermansyah Siregar juga mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk memiliki rasa tanggung jawab yang besar dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan.

Terlebih, kata dia, nilai-nilai tersebut mesti mencerminkan seluruh pelayanan yang diampuh oleh jajaran Kemenkumham Sulteng.

“Sebagai aparatur negara, kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Hermansyah Siregar.

Dalam momen sakral tersebut, turut dihadiri juga oleh Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Raymond JH. Takasenseran, Kadiv Pemasyarakatan, Yudi Suseno, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Zuliansyah, serta para pejabat Administrator dan Pengawas dan segenap staf Kemenkumham Sulteng.

Didaulat sebagai Inspektur Upacara, Raymond turut menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman yang ada.

“Dalam era globalisasi yang penuh tantangan, kita harus semakin memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras,” sambung Raymond.

Upacara bendera tersebut juga dilaksanakan di seluruh unit pelaksana teknis baik Pemasyarakatan maupun Keimigrasian se-Sulteng.

Dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Kanwil Kemenkumham Sulteng berharap dapat meningkatkan kesadaran seluruh jajaran akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dan mendorong semangat untuk terus berkontribusi dalam membangun bangsa. (BungPut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02