Sampah Kali Penombo Hanya Didorong ke Laut, Percuma Ada Armada Truk

Array
Komentar 0
foto: Dumptruk pengangkut sampah di pinggir jalan, tidak digunakan untuk mengangkut sampah yang ada di kali Penombo
foto: Dumptruk pengangkut sampah di pinggir jalan, tidak digunakan untuk mengangkut sampah yang ada di kali Penombo

BEKASI, Exposeupdate.com Minggu, (12/06/2022). Puluhan ton sampah yang padati Kali Penombo, Desa Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, yang beberapa waktu lalu dikeluhkan masyarakat sekitar lantaran bau yang ditimbulkan, akhirnya direspon oleh pemerintah, Sabtu (11/6/2022).

Tapi anehnya, sampah yang menutupi kali Penombo bukan diangkut menggunakan armada truk sampah yang sudah disediakan, malah di dorong ke arah hilir menuju ke laut.

Sementara, UPT Pengelolaan Persampahan Wilayah I, hanya memarkirkan armada dumptruk pengangkut sampah di pinggir jalan, dan tidak digunakan untuk mengangkut sampah yang ada di kali Penombo, sehingga membuat Kepala Desa Pantai Harapan Jaya terlihat kecewa.

“Seharusnya sampah yang ada di kali Penombo diangkat dan bukan hanya di didorong, kami khawatir sampah yang di dorong ke hilir laut berdampak pada petani tambak yang ada di laut wilayah Desa Pantai Harapan Jaya, otomatis ternak udang dan ikan bandeng mereka akan terkena air limbah, “ujar Mahir.

Kalau sampah yang ada hanya didorong sampai ke laut, pihak Desa bersama BPD Pantai Harapan Jaya juga bisa melakukan.

foto: Sampah kali Penombo bukan diangkut, malah malah didorong ke hilir laut

“Yang kami minta sampah yang ada di kali itu diangkut, bukan di dorong ke laut, nanti malah menimbulkan permasalahan baru petani tambak yang ada di laut,” terangnya.

Ditemui di tempat yang sama Camat Muara Gembong mengatakan, Alhamdulillah gerakan bebersih sampah kali Penombo diikuti oleh semua komponen.

“Sampah yang ada dan memenuhi kali Penombo adalah sampah kiriman, “ujar Lukman Hakim.

Ketika ditanya sampah kali Penombo nantinya dibuang kemana, dengan nada terbata-bata dirinya menerangkan bahwa sampah selanjutnya di dorong ke hilir laut.

“Sampah yang selanjutnya menumpuk di dorong ke hilir laut,” ungkapnya dengan raut muka kebingungan.

Diketahui, dari surat edaran Camat Muara Gembong, bahkan mengundang Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dr. Dani Ramdan., M.T., dalam kegiatan tersebut, dan mengajak kepada segenap komponen yang ada untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan peran serta Pemerintah dan Masyarakat terhadap penyelamatan lingkungan hidup untuk melaksanakan Gerakan K3 Bebersih Sampah kali Penombo di Desa Pantai Harapan Jaya. Kita butuh alat berat untuk mengangkut sampah yang ada dikali, yang menghambat aliran air dikali. (Nr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02