Jelang Pilkada Serentak, Polres Sigi Gelar Latihan Pra Operasi Mantap Praja Tinombala 2024

Array
Komentar 0
foto: Kapolres Sigi AKBP Reja A. Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.H.
foto: Kapolres Sigi AKBP Reja A. Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.H.

SIGI, Satunurani.com – Senin, (12/08/2024). Polres Sigi Polda Sulteng menggelar kegiatan Latihan Pra-Operasi (Lat Praops) Mantap Praja Tinombala 2024 sebagai bentuk kesiapan dalam mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Lat Pra-Ops Mantap Praja Tinombala 2024 ini berlangsung Senin (12/08/2024), bertempat di Aula Sarja Arya Racana Polres Sigi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sigi AKBP Reja A. Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.H. dan diikuti oleh 220 personel Polres Sigi dan Polsek jajaran.

“Guna menyamakan persepsi, pola fikir, dan cara bertindak dalam Operasi Mantap Praja Tinombala 2024, kami menyelenggarakan Lat Pra-Ops yang di laksanakan di Aula Sarja Arya Racana Polres Sigi,” ucap Kapolres Sigi.

Menurutnya, Pilkada justru lebih rawan dari pada Pemilihan Umum (Pemilu) karena gesekan massa pendukung lebih terasa.

“Untuk itu, kita semua tidak boleh under estimate dan harus merencanakan, serta mempersiapkan secara baik setiap kegiatan dalam Operasi Mantap Praja Tinombala 2024.”

“Terdapat perbedaan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada serentak 2024 ini dari jumlah TPS pada Pemilu yang lalu, untuk itu Polres akan melakukan perubahan pola pengamanan berdasarkan peta kerawanan yang sudah di mapping oleh Satuan Intelkam, sehingga pelaksanaan Pilkada serentak 2024 dapat berjalan dengan aman, damai, lancar dan sejuk,” papar Kapolres.

Kapolres menerangkan, pada Lat Pra Ops Mantap Praja Tinombala 2024 yang dilaksanakan ini menggunakan metode diskusi panel dengan narasumber antara lain, Ketua KPU Kab. Sigi, Ketua Bawaslu Kab. Sigi, dan para Kasatgasres Ops.

“Output yang diharapkan dalam Lat Pra-Ops Mantap Praja Tinombala 2024 adalah seluruh personel memahami tugasnya dalam operasi yang meliputi tugas preemtif, preventif, penegakkan hukum, humas dan banops. Juga mengetahui timeline kegiatan dan mampu memprediksi setiap kerawanan, serta cara mengantisipasinya,” terang orang nomor satu di Polres Sigi.

AKBP Reja menambahkan, seluruh personel yang berdinas baik di Polres maupun di Polsek selalu diingatkan untuk bersikap netral, dan tidak memihak kepada salah satu calon. Laksanakan tugas-tugas Kepolisian dengan penuh rasa tanggung jawab dan tanamkan dalam diri untuk selalu bekerja dengan tulus serta ikhlas.

“Dengan melakukan perencanaan dan persiapan yang optimal dalam segala aspek, akan mendukung terwujudnya pengamanan Pilkada serentak 2024 yang aman, damai, dan kondusif di Kabupaten Sigi,” pungkasnya. (Agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Logo ATM - GIF 02-Small

POPULER

REKOMENDASI

MUNGKIN ANDA MELEWATKAN INI

iklan02